Festival Budaya Sambut ‘Torch Relay’ Asian Games 2018 di Sulsel

Oleh: Andini Ristyaningrum 22 Juli 2018 | 23:28 WIB
Festival Budaya Sambut ‘Torch Relay’ Asian Games 2018 di Sulsel
Legenda bulutangkis Indonesia Susy Susanti membawa api Asian Games dari India yang tersimpan di dalam tinder box (lentera) saat pesawat TNI AU mendarat di Bandara Adisutjipto Selasa (17/7/2018). Api itu menempuh 11 jam penerbangan dari New Delhi, India./Bisnis-Gigih M. Hanafi

Bisnis.com, MAKASSAR - Resmi dimulai di Yogyakarta, torch relay atau kirab obor Asian Games 2018 juga akan berlabuh Sulawesi Selatan (Sulsel). Festival budaya siap digelar untuk memeriahkan torch relay di kawasan Pantai Bira, Bulukumba.

Api obor abadi yang diambil dari India tersebut akan tiba di Bandara Sultan Hasanuddin International Airport pada Sabtu (28/7/2018). Kemudian api tersebut akan diarak menuju Pantai Bira yang akan melalui Kabupaten Gowa, Takalar, Jeneponto, dan Bantaeng.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sulsel, Sri Endang memaparkan sebelum memasuki kawasan Pantai Bira, api obor Asian Games 2018 akan memasuki kawasan pembuatan kapal Pinisi.

"Jadi, nanti ada sekitar 45 kapal pinisi terdiri dari kapal pinisi besar maupun kecil di kawasan Tana Beru menyambut Torch Relay Asian Games 2018 ini," ungkap Endang, Minggu (22/7/2018).

Setelah itu api obor yang tidak boleh padam itu akan diarak ke Pantai Bira. Beragam acara juga akan menyambut torch relay yang dikemas dalam festival budaya.

Sri menyebut pertunjukan tari empat etnis akan ditampilkan sebelum api obor berlayar kembali ke Makassar. Menurutnya, momen ini adalah momen yang tepat untuk memperkenalkan budaya Sulsel.

Pelaksanaan torch relay Asian Games di Makassar memang agak berbeda, sebab setelah disambut di Pantai Bira, api obor akan dibawa kembali ke Makassar dengan kapal Pinisi.

"Api obor akan tiba di Pelabuhan Soekarno-Hatta dan selanjutnya dibawa ke Lantamal VI Makassar menggunakan Kapal Dewaruci," jelas Srin.

Setelah itu api obor akan diarak ke Anjungan Pantai Losari yang merupakan salah satu ikon Kota Makassar sekaligus menjadi puncak acara kirab obor Asen Games di Sulsel.
Kirab obor Asian Games 2018 akan berkeliling Indonesia, melalui 54 kota dan kabupaten di 18 provinsi, dari Aceh sampai Papua Barat.

Api obor Asian Games 2018 mendarat pertama kali di Lanud Adisutjipto, Selasa (17/7/2018). Api itu kemudian dibawa ke Candi Prambanan untuk dikawinkan dengan api yang diambil dari Mrapen, Grobogan, Jawa Tengah.

 

Editor: Nancy Junita

Berita Terkini Lainnya