Resmikan Excellent Center, Bank SulutGo Hemat Biaya Pelatihan

Oleh: Deandra Syarizka 20 Juli 2018 | 17:45 WIB

Bisnis.com, MANADO—PT Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Utara dan Gorontalo (Bank SulutGo) melakukan efisiensi biaya pengembangan kapasitas Sumber Daya Manusia dengan meresmikan gedung Excellent Center yang akan menjadi pusat pelatihan karyawan.

Peresmian dilakukan oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey selaku perwakilan pemegang saham mayoritas bank tersebut, di mana kepemilikan Pemprov Sulut sebesar 36,64%. Turut hadir dalam acara peresmian tersebut Sekretaris Daerah Sulut Edwin Silangen, serta jajaran komisaris dan direksi Bank Sulut Go.

Dalam sambutannya, Gubernur Olly memberikan dukunganya terhadap keberadaan gedung Excellent Center dan seluruh kegiatan pelatihan yang akan dilaksanakan. Menurutnya, adanya pelatihan tersebut merupakan kebutuhan untuk menjawab tantangan ekonomi sehingga BSG dapat tetap memberikan pertumbuhan kinerja yang baik.

“Dalam mempersiapkan SDM, gedung pelatihan ini agar lebih dioptimalkan sehingga seluruh personil yang ada di Bank Sulut Go lebih profesional,” ujarnya, Jumat (20/07).

Dia menambahkan, tantangan yang dihadapi BSG cuukup besar, mengingat pemegang sahamnya terdiri dari pemerintah kota dan kabupaten yang ada di Sulut dan Gorontalo sehingga membuat kepentingan pemerintah menjadi sangat dominan dalam pengambilan keputusan.

Meski demikian, dia menyatakan aksi korporasi ataupun kebijakan yang akan dijalankan oleh BSG tetap mengedepankan asas profesionalisme.

“Saya selaku gubernur akan memperjuangkan apa yang menjadi tugas para direksi dalam mengambil langkah ke depan,” ujarnya.

Direktur Utama BSG Jeffry Dendeng menyatakan, Excellent Center merupakan bukti dari komitmen direksi dan manajemen BSG terhadap peningkatan kompetensi pegawai.

Di lain sisi, pihaknya optimistis keberadaan gedung ini dapat menekan biaya pelatihan karyawan yang selama ini dilakukan di hotel dan bahkan di luar kota seperti Jakarta.

“Dengan dibangunnya BSG Excellent Center, ada efisiensi karena pelatihan yang dilakukan di Jakarta semua akan dipusatkan di sini, sehingga terjadi penghematan yang cukup besar,” jelasnya.

Meski demikian, pihaknya mengaku belum menghitung bersarnya efisiensi yang dapat dilakukan dengan memusatkan seluruh kegiatan pelatihan di gedung tersebut.

Dia menambahkan, gedung Excellent Center merupakan hasil renovasi atas gedung BSG yang selama ini hanya difungsikan sebagai gudang arsip.

Dengan demikian, dia menyatakan renovasi yang dilakukan selama enam bulan tidak mengeluarkan biaya yang cukup besar.

Berdasarkan pengamatan Bisnis, gedung Excellent Center BSG memiliki fasilitas yang cukup lengkap, mulai dari ruang rapat, dummy bank, ruang workshop, bahkan kedai kopi.

Nantinya, pelatihan yang akan dilakukan mencakup seluruh level karyawan, mulai dari customer service, teller, analis, hingga pimpinan.

“Pelatihan dalam waktu dekat ini terkait antisipasi perbankan yang digital. Akan dilakukan awal Agustus mendatang,” jelasnya.

Editor: Rustam Agus

Berita Terkini Lainnya