Jamkrindo Palembang Bukukan Penjaminan Rp3 Triliun

Oleh: Dinda Wulandari 18 Juli 2018 | 13:21 WIB
Jamkrindo Palembang Bukukan Penjaminan Rp3 Triliun
Perum Jamkrindo Palembang sosialisasi surety bond online bagi vendor PT Semen Baturaja (Persero) Tbk./Bisnis-Dinda Wulandari

Bisnis.com, PALEMBANG – Perusahaan Umum (Perum) Jamkrindo Cabang Palembang mencatatkan realisasi kinerja cukup signifikan, 76% dari target 2018, pada paruh pertama tahun ini.

Kepala Cabang Perum Jamkrindo Palembang, Heryanto Nugroho mengatakan, dari target nilai penjaminan untuk di Sumsel tahun ini sebesar Rp4,1 triliun pada semester I/2018 sudah mencapai Rp3 triliun.

"Iya, pencapaian di pertengahan tahun ini cukup menggembirakan, hampir 76% dari target 2018. Kami optimistis di September nanti sudah bisa 100%," katanya saat acara sosialisasi pelatihan surety bond online untuk vendor PT Semen Baturaja, Rabu (18/7/2018).

Menurutnya, pencapaian ini dipengaruhi produk baru yang dijalankan Jamkrindo, yakni lewat Sinergi BUMN. Dimana yang saat ini tengah berjalan adalah penjaminan Distributor dan Supplier Semen dari PT Semen Baturaja (Persero) Tbk.

Apalagi, kata dia, pihaknya juga gencar menawarkan produk surety bond online ke sejumlah BUMN di Sumsel.

Heri mengatakan produk surety ship perusahaan, yakni bank garansi dan surety bond telah berkontribusi besar terhadap pencapaian nilai penjaminan, yakni sekitar 25%.

"Secara keseluruhan nilai penjaminan dari surety ship sekitar Rp1 triliun dari realisasi kami. Makanya kami optimistis juga untuk memperkuat produk surety ship terutama bagi BUMN," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Umum dan SDM PT Semen Baturaja (Persero) Tbk, Amrullah, mengatakan pihaknya menyambut baik langkah Jamkrindo mengenalkan surety bond online bagi vendor perseroan.

"Bagi kami supplier lebih mudah mengurus penjaminan karena online, selama ini mereka mondar-mandir butuh waktu, sekarang bisa lebih mudah dan efisien sehingga proses pengadaan barang dan jasa lebih cepat," katanya.

Dia mengemukakan perseroan memiliki sekitar 100 vendor atau supplier yang aktif dalam mengikuti kegiatan pengadaan barang dan jasa.

Direktur CV Rouli Jaya vendor SMBR, Hotma Jaya, mengatakan pihaknya tertarik mengikuti penjaminan yang ditawarkan Jamkrindo Palembang.

"Prosesnya sederhana cuma tiga tahap sehingga memudahkan kami selaku supplier, dibanding proses bank masih sistem masih manual, ini bisa one day service," ujarnya.

Editor: Miftahul Ulum

Berita Terkini Lainnya