PLN Jual Listrik Premium Platinum ke Industri Smelter Sultra

Oleh: Amri Nur Rahmat 04 Juli 2018 | 16:17 WIB
GM PLN Wilayah Sulselrabar Bambang Yusuf (kiri) bersama dengan Direktur PT Ceria Nugraha Indotama Deryan Sakmiwata saat bertukar naskah SPJBTL pelanggan premium platinum, di Makassar, Rabu (4/7/2018).

Bisnis.com, MAKASSAR - PLN Sulselrabar meneken perjanjian jual beli listrik pelanggan premium platinum dengan PT Ceria Nugraha Indotama dengan daya sebesar 118 MVA.

Besaran daya tersebut merupakan tahap awal pasokan listrik dari PLN terhadap Ceria Nugraha Indotama, di mana secara keseluruhan total daya yang dibutuhkan oleh industri pemurnian bijih nikel itu mencapai 350 MVA ekuivalen 350 Mega Watt (MW).

PT Ceria sendiri memiliki basis operasional di Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara.

Jalinan kerjasama itu tertuang dalam Surat Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik (SPJBTL) antara PLN dengan PT Ceria, sekaligus menempatkannya sebagai pelanggan premium klasifikasi platinum terbesar di wilayah timur Indonesia.

Adapun pelanggan premium platinum adalah pelanggan prioritas yang mendapat jaminan kontinuitas pasokan listrik secara terus menerus tanpa padam. Selain itu pelanggan premium akan mendapat kompensasi apabila mengalami padam diluar rencana.

GM PLN Wilayah Sulselrabar Bambang Yusuf mengatakan bahwa PLN akan menyediakan supply tenaga listrik dengan pelayanan terbaik kepada pelanggan yang memang membutuhkan layanan premium.

"Bagi Industri, listrik yg andal dan berkualitas merupakan sebuah kebutuhan,” ucap Bambang Yusuf.

Dia juga mengajak bagi pelanggan bisnis dan industri lainnya menggunakan layanan premium guna menjamin kontinuitas suplai listrik untuk kegiatan produksi serta jangan ragu untuk berinvestasi di Sulawesi Tenggara.

"Menyalurkan tenaga listrik dengan kualitas premium, andal, dan berkualitas merupakan sebuah kebanggaan bagi PLN," tambah Bambang.

Dalam kesempatan sama, Direktur PT Ceria Nugraha Indotama Deryan Sakmiwata mengungkapkan bahwa pihaknya segera membangun smelter dengan tiga tahap, di mana perusahaan saat ini telah memiliki lahan seluas 6.850 hektare.

"Semuanya itu akan terwujud jika didukung kesediaan infrastruktur listrik sehingga proses pembangunannya dapat kami selesaikan tepat waktu," ungkap Deryan.

Layanan Premium Platinum ini bertujuan untuk mendukung pelaku usaha mulai dari pasokan listrik yang handal. Diharapkan dengan adanya pelanggan premium dapat menunjang gairah ekonomi di Sulawesi Tenggara khususnya di Kabupaten Kolaka. Oleh karena itu PLN siap melayani kapanpun, berapapun, dan di manapun bagi pelanggan yang ingin berinvestasi di Sulawesi Selatan, Tenggara, dan Barat.

Editor: Rustam Agus

Berita Terkini Lainnya

Berita Populer