Penumpang Internasional di Bandara Sam Ratulangi Meningkat Drastis

Oleh: Newswire 21 Juni 2018 | 10:42 WIB
Taman Laut Nasional Bunaken, Manado, Sulawesi Utara salah satu destinasi favorit wisatawan./Ilustrasi-en.wikipedia.org

Bisnis.com, MANADO — Penumpang internasional di Bandara Sam Ratulangi (Samrat) pada H+4 Lebaran tahun 2018 mengalami peningkatan signifikan hingga 302 persen.

"Hal ini bertanda baik, karena wisatawan mancanegara (wisman) yang datang berkunjung ke Sulut pada libur lebaran cukup tinggi," kata General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Samrat Manado Minggus Gandeguai di Manado, Kamis (21/6/2018).

Juga, katanya, ada sebagaian masyarakat Sulut yang melakukan liburan ke berbagai negara seperti Singapura, Malaysia, Hongkong dan negara lainnya.

Untuk penumpang internasional yang datang melalui Bandara Samrat pada H+4 atau (20/6) Lebaran kali ini sebanyak 567 wisman atau naik 302 persen jika dibandingkan posisi yang sama tahun lalu hanya 141 wisman.

Dan, katanya, penumpang internasional yang berangkat dari Bandara Samrat tumbuh 10 persen dari 363 wisman menjadi 327 wisman.

Pesawat yang digunakan, katanya, mengalami pertumbuhan 50 persen yang datang ke Sulut dari dua armada menjadi tiga. Dan, yang berangkat mengalami penurunan 33 persen dari tiga pesawat menjadi dua.

Untuk jumlah kargo, katanya, tidak mengalami peningkatan apa-apa, hanya saja ada barang yang diberangkatkan dari bandara Samrat sebanyak 458 kg.

Pihak Bandara Samrat, katanya, akan terus memberikan pelayanan prima sehingga semakin banyak wisman yang datang ke Sulut.

"Bandara Samrat sudah buka 24 jam, dan siap melayani penerbangan baik domestik maupun manacanegara, apalagi ada penerbangan sewa Manado-China," katanya.

 

Sumber : Antara

Editor: Miftahul Ulum

Berita Terkini Lainnya