Gubernur Olly Minta Masyarakat Ikut Serta Ciptakan SDM Berkualitas

Oleh: Kurniawan A. Wicaksono 19 Juni 2018 | 23:29 WIB
Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey saat membuka Rakorwil Timur Kadin Indonesia, Jumat (4/5).-JIBI/Kurniawan A. Wicaksono

Bisnis.com, MANADO – Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey meminta masyarakat untuk ikut serta mendorong penciptaan sumber daya manusia yang produktif dan berkualitas.

Melalui Kepala Biro Pemerintahan dan Humas Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Jemmy Kumendong, Olly mengatakan dorongan bisa dilakukan dengan mengaplikasikan berbagai potensi dan talenta melalui pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Selain itu, upaya pemanfaatan pekarangan rumah untuk tanaman produktif dan berbagai hal positif lain dinilai juga turut memberi dampak pada penciptaan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas.

“Sehingga mampu mendorong pertumbuhan ekonomi daerah,” ujarnya saat menghadiri HUT ke-193 tahun Desa Tolombukan, Minahasa Tenggara, seperti dikutip dari laman resmi Humas Pemprov Sulut, Selasa (19/6/2018).

Kepala Biro Pemerintahan dan Humas Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Jemmy Kumendong saat mewakili Gubernur Olly Dondokambey dalam  HUT ke-193 tahun Desa Tolombukan, Minahasa Tenggara. / Humas Pemprov Sulut

Dalam kaitannya dengan SDM, pihaknya juga meminta agar masyarakat terus menjaga kerukunan dan toleransi dalam kehidupan sosial. Bagaimana pun, Sulut terkenal sebagai daerah dengan toleransi yang cukup tinggi.

Olly pun mengakui toleransi dan keamanan menjadi modal yang cukup penting dalam upaya mengembangkan sektor pariwisata. Sejauh ini, upaya pengembangan sektor pariwisata cukup memberikan hasil positif.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), dengan laju pertumbuhan produk domestik regional bruto (PDRB) Sulut sebesar 6,68% pada kuartal I/2018, ada tiga lapangan usaha terkait jasa yang mencatatkan pertumbuhan tertinggi.

Ketiga kelompok lapangan usaha itu yakni jasa lainnya (dengan pertumbuhan 15,63%), penyediaan akomodasi dan makan minum (dengan kenaikan 14,59%), serta jasa kesehatan dan kegiatan sosial (dengan pertumbuhan 13,61%). Tingginya pertumbuhan lapangan usaha tersebut terdorong oleh meningkatnya aktivitas jasa hiburan dan geliat pariwisata.

Editor: Andhika Anggoro Wening

Berita Terkini Lainnya