Lebaran : Telkomsel Sediakan Kelonggaran Jaringan Hingga 51% di Pamasuka

Oleh: Amri Nur Rahmat 31 Mei 2018 | 21:00 WIB
Lebaran : Telkomsel Sediakan Kelonggaran Jaringan Hingga 51% di Pamasuka
Ilustrasi Telkomsel/ANTARA

Bisnis.com, MAKASSAR - PT Telkomsel menuntaskan uji jaringan sebagai antisipasi lonjakan trafik sepanjang periode mudik dan balik Lebaran untuk Area Papua Maluku Sulawesi dan Kalimantan atau Pamasuka.

Hasil uji jaringan tersebut juga menjadi acuan perseroan menyediakan kelonggaran sebesar 51% sepanjang jalur utama di Area Pamasuka.

Secara umum di Pamasuka, diprediksi akan terjadi lonjakan trafik pada layanan data dibandingkan dengan Lebaran 2017 berkisar 272% menembus 3.600 Tera Byte.

Uji jaringan dilakukan perseroan pada jalur utama mudik di Pamasuka dengan memprioritaskan Makassar sebagai titik konsentrasi lonjakan data pada periode Lebaran mendatang.

Adapun hasil uji jaringan khusus di Makassar, dengan rute utama di inner city, dan statik di bandara, terminal, serta pelabuhan memperlihatkan bahwa Telkomsel siap untuk menyambut momentum Ramadhan dan Lebaran 2018.

Vice President ICT Network Management Area Pamasuka Samuel Pasaribu mengemukakan uji jaringan dimaksudkan untuk mengukur kesiapan jaringan perseroan dalam menghadapi lonjakan trafik layanan yang diprediksi menyentuh angka 40% dibandingkan kondisi normal.

“Secara khusus kami mengidentifikasi titik-titik yang padat akan keramaian, seperti daerah atau obyek wisata, pelabuhan, dan bandara. Kapasitas jaringan kami tingkatkan di lokasi-lokasi tersebut, untuk menjaga agar customer experience tetap terjaga, sekalipun terjadi lonjakan trafik,” jelas Samuel, Kamis (31/5/2018).

Sebagai gambaran, angka rata-rata yang diperoleh dari hasil uji jaringan di wilayah Makassar adalah CSSR 100%, CST 4.96s, CCSR 100%, MOS 97.77% dan Data Throughput 21.03 Mbps.

Sepanjang rute terdapat total sebanyak 1545 BTS ( 521 BTS 4G, 500 BTS 3G dan 524 BTS 2G) yang akan melayani pelanggan.

Untuk layanan 4G, hasil Network Drive Test memperlihatkan kekuatan dan kualitas sinyal 4G Telkomsel secara umum baik. Hal ini ditunjukkan dengan angka RSRP >=-95 dBm sebesar 94.93% dan SNR >=0;<=30 dB sebesar 85.1%.

Sementara kualitas layanan data 4G yang salah satunya diukur melalui pengunduhan berbagai file dengan kapasitas 50 MB hingga 2.5 GB menunjukkan hasil yang baik, di mana angka rata-rata HTTP Throughput 21.03 Mbps dengan Maximum Throughput 96.72 Mbps.

Telkomsel melakukan serangkaian kegiatan optimalisasi jaringan, seperti menjaga ketersediaan VLR (Visitor Location Register) atau kecukupan kapasitas daya tampung pelanggan.

Editor: Rustam Agus

Berita Terkini Lainnya