Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hadapi Lebaran, XL Perkuat Kapasitas Jaringan di Sulsel

PT XL Axiata merampungkan penguatan kapasitas jaringan di Sulawesi Selatan (Sulsel) guna memastikan kualitas layanan tetap terjaga maksimal saat periode mudik maupun balik Lebaran 2018.
XL Axiata/xl.co.id
XL Axiata/xl.co.id

Bisnis.com, MAKASSAR -- PT XL Axiata merampungkan penguatan kapasitas jaringan di Sulawesi Selatan (Sulsel) guna memastikan kualitas layanan tetap terjaga maksimal saat periode mudik maupun balik Lebaran 2018.

VP XL Axiata North Region Desy Sari Dewi mengatakan penguatan kapasitas tersebut dilakukan melalui upgrade hingga penambahan infrastruktur BTS pada titik konsentrasi pergerakan pemudik di Sulsel.

Menurutnya, penguatan kapasitas jaringan dilakukan secara nasional, di mana Sulsel menjadi salah satu daerah prioritas perseroan karena pergerakan pemudik relatif aktif saat momentum Lebaran.

"Titik pergerakan awal pemudik itu dari Makassar dan menuju ke beberapa kabupaten/kota di Sulsel, banyak pelanggan XL juga. Sehingga penguatan kapasitas jaringan dilakukan agar perjalanan mudik bisa lancar, terutama dari sisi akses komunikasi seluler," papar Desy usai Buka Puasa Bersama XL Axiata North Region, Rabu (30/5/2018).

Dia mengestimasi trafik layanan secara kumulatif bakal bergerak pada angka 30% terutama pada segmen layanan data yang saat ini telah menjadi kebutuhan primer pada aspek komunikasi digital seluler.

Khusus di Sulsel, perseroan telah merealisasikan penambahan infrastruktur BTS di 800 titik pada Mei 2018 agar bisa lebih mengakomodir kebutuhan layanan data pelanggan.

Penambahan infrastuktur itu menjadi salah satu program penguatan kapasitas jaringan perseroan menghadapi lonjakan trafik pada periode mudik Lebaran maupun sebagai manifestasi penyediaan layanan optimal untuk jangka panjang.

GM Finance & Management Services XL Axiata Mozes North Region Haryanto Baottong menambahkan penguatan jaringan tidak hanya dilakukan di Makassar sebagai titik konsolidasi pemudik, tapi pada seluruh jalur mudik di Sulsel.

"Seperti jalur selatan dan jalur utara yang selalu padat saat periode mudik. Sebagian besar infrastruktur BTS sepanjang jalur itu juga telah 4G LTE, termasuk penambahan pada beberapa titik," ungkapnya.

Langkah tersebut dimaksudkan untuk menekan jumlah blank spot sekaligus memastikan akses layanan bagi pelanggan tetap terjaga sepanjang perjalanan hingga tiba pada titik destinasi.

Penguatan jaringan dilakukan pula pada titik keramaian, pusat perbelanjaan, destinasi wisata, serta seluruh infrastruktur perhubungan yang diestimasi menjadi titik konsentrasi masyarakat saat periode Lebaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Amri Nur Rahmat
Editor : Annisa Margrit
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler