Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BNI Makassar Siapkan Rp4,26 Triliun Hadapi Lebaran

BNI Wilayah Makassar menyiapkan uang kartal Rp4,26 triliun untuk memenuhi kebutuhan transaksi nasabah pada Ramadan terutama menghadapi momentum Lebaran mendatang.
Petugas memindahkan uang di cash center/Antara-Akbar Nugroho Gumay
Petugas memindahkan uang di cash center/Antara-Akbar Nugroho Gumay

Bisnis.com, MAKASSAR - BNI Wilayah Makassar menyiapkan uang kartal Rp4,26 triliun untuk memenuhi kebutuhan transaksi nasabah pada Ramadan terutama menghadapi momentum Lebaran mendatang.

VP Consumer Banking BNI Wilayah Makassar Hadi Santoso mengemukakan penyediaan uang kartal tersebut dimaksudkan agar memastikan seluruh transaksi tunai nasabah tetap berjalan maksimal meski terjadi peningkatan siginfikan pada sisi volume maupun nominal transaksi.

"Jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, penyediaan uang tunai untuk tahun ini ada peningkatan sekitar 2%," katanya kepada Bisnis, Selasa (29/5/2018).

Menurut dia, uang kartal tersebut diditribusikan perseroan melalui seluruh jaringan BNI Wilayah Makassar yang berada pada empat provinsi yakni Sulsel, Sulbar, Sultra dan Maluku.

Adapun dari total uang kartal tersebut, lanjut Hadi, Rp3,2 triliun diantaranya dialokasikan khusus untik Kota Makassar dan sekitarnya lantaran konsentrasi transaksi yang dilayani BNI bakal terjadi di daerah tersebut sepanjang Ramadan hingga periode libur Lebaran nantinya.

Kemudian untuk jejaring mesin ATM milik perseroan di cakupan Wilayah Makassar khusus pada periode libur Lebaran, bakal diperkuat dengan alokasi dana hingga Rp550 miliar guna memastikan ketersediaan uang tunai pada mesin tarik tunai tersebut.

"Jaringan ATM kami untuk Wilayah Makassar itu tersebar pada pada 1.017 titik lokasi. Kami pastikan akan siap melayani nasabah terutama pada periode libur nanti," kata Hadi.

Di sisi lain, perseroan juga mengoptimalkan kanal layanan vitrual yakni e-channel (SMS, internet, mobile dan phone banking) serta call center 1500046 yang siap melayani nasabah 24 jam setiap harinya.

Menurut Hadi, kanal layanan virtual tersebut bisa dioptimalkan nasabah sebagai alternatif jika tidak memungkinkan mendapatkan layanan melalui outlet konvensional yang beroperasi terbatas sepanjang periode libur Lebaran.

PAda periode libur Lebaran mendatang, operasional BNI Wilayah Makassar hanya terbatas 5 kantor cabang (KC) yakni Makassar, Ambon, Palopo, Pare-pare dan Sengkang terhitung 11 Juni hingga 17 Juni mendatang.

"Layanan langsung bisa pada 5 KC ini saat periode libur Lebaran, beroperasi dengan layanan terbatas. Semuanya terbuka, kecuali pada tanggal 15 Juni dan 17 Juni," ujar Hadi.

Dia menjelaskan, jaringan kantor BNI Wilayah Makassar dipastikan beroperasi secara penuh pada 19 Juni mendatang yakni 11 KC serta 1 Kantor Cabang Pembantu (KCP).

Sementara itu, Bank Mandiri Regional X menyediakan uang kartal sebanyak Rp2,5 triliun pada Ramadan dan Lebaran tahun ini.

Regional Operation Head Bank Mandiri Regional X Tonggo Marbun menjelaskan uang kartal tersebut untuk memenuhi kebutuhan pengisian jaringan ATM perseroan maupun transaksi penarikan uang tunai pada sleuruh jaringan kantor cabang di Sulawesi dan Maluku.

"Sebagian besar uang kartal itu kami disitribusikan untuk Sulsel sebesar Rp1,5 triliun," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Amri Nur Rahmat
Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper