Proyek Palapa Ring Paket Tengah, Olly Harapkan Dukungan Bupati/Walikota

Oleh: Kurniawan A. Wicaksono 26 Mei 2018 | 01:28 WIB
Proyek Palapa Ring Paket Tengah, Olly Harapkan Dukungan Bupati/Walikota
Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey saat mendampingi Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara melakukan peninjauan pemasangan kabel bawah laut di perairan Desa Tateli, Jumat (25/5/2018). /Humas Pemprov Sulut

Bisnis.com, MANADO – Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey meminta dukungan penuh dari pemerintah kabupaten/kota agar proyek palapa ring paket tengah bisa selesai tepat waktu.

Berdasarkan informasi yang dikutip dari laman resmi Humas Pemprov Sulawesi Utara (Sulut), hal tersebut disampaikan Olly saat mendampingi Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara melakukan peninjauan pemasangan kabel bawah laut di perairan Desa Tateli, Jumat (25/5/2018).

“Sehingga kerjasama pemerintah pusat dengan seluruh masyarakat yang menjadi target Kementerian Kominfo bisa berjalan dengan baik,” ujarnya sambil meminta sambutan baik dari pemerintah kabupaten/kota yang menjadi bagian dari proyek tersebut.

Pasalnya, menurut Olly, masyarakat di wilayah perbatasan sangat berharap adanya perhatian khusus dari pemerintah pusat terkait adanya akses teknologi informatika yang lebih baik. Hal inilah yang pada gilirannya mampu pula mendorong sektor pariwisata.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara peninjuan langsung proyek pembangunan palapa ring tengah sepanjang 1.700 km di laut ini diharapkan mampu mempercepat pelaksanaan sehingga selesai pada akhir 2018.

PIhaknya juga meminta Gubernur Olly untuk memfasilitasi segala perizinan terkait proyek tersebut. Adapun, perkembangan pembangunan palapa ring paket tengah ini sudah mencapai 77,49% dan masuk tahap penggelaran kabel optic.

Proses konstruksi Palapa Ring Paket Tengah merupakan bagian dari usaha pemerintah dalam mempercepat pelaksanaan proyek infrastruktur strategis atau prioritas nasional yang termuat dalam Peraturan Presiden (Perpres) No. 3/ 2016.

Proyek Palapa Ring Paket Tengah akan menghubungkan 17 kota/kabupaten yang berada di Provinsi Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara dan Maluku Utara dengan panjang kabel mencapai 2.700 km.

Editor: Rustam Agus

Berita Terkini Lainnya