Di Sulut, Tradisi Membaca Digeser Jadi Kebutuhan Hidup

Oleh: Kurniawan A. Wicaksono 23 Mei 2018 | 23:28 WIB
Di Sulut, Tradisi Membaca Digeser Jadi Kebutuhan Hidup
Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven O.E. Kandouw saat menghadiri road show perpustakaan tingkan provinsi di Kantor Bupati Kepulauan Sitaro, Rabu (23/5/2018)./Istimewa-Humas Pemprov Sulut

Bisnis.com, MANADO – Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara terus berupaya menggeser tradisi membaca dari hanya kepentingan akademik menjadi bagian dari kebutuhan hidup sehari-hari.

Hal ini diungkapkan Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven O.E. Kandouw saat menghadiri road show perpustakaan tingkan provinsi di Kantor Bupati Kepulauan Sitaro, Rabu (23/5/2018). Berbagai langkah strategis harus dilakukan.

“Sebagai langkah awal, maka kita harus terlebih dahulu menjadi contoh dengan menjadikan membaca sebagai the way of life, sambil terus berupaya menggeser sebuah tradisi membaca yang hanya untuk kepentingan akademik,” ujarnya, seperti dikutip dari laman resmi Pemprov Sulut.

Dia memaparkan pada masyarakat maju, membaca menjadi fenomena sosial yang tidak bisa dilepaskan dari aktivitas lain. Masyarakat di dalamnya sering memanfaatkan waktu luang untuk membaca.

Keberadaan sarana dan prasarana membaca seperti perpustakaan dan taman bacaaan, sambungnya, sangat diperlukan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Bumi Nyiur Melambai.

“Arus informasi yang lengkap, akurat, aktual, dan tepercaya melalui sarana dan prasarana membaca sangatlah diperlukan agar insan-insan pembangunan dapat menjadi penentu jalannya kehidupan bangsa dan negara ke depan,” jelasnya.

Adapun, road show perpustakaan dilakukan sebagai wahana penyatuan persepsi serta pemantapan komitmen semua pihak dalam pembangunan. Hal ini menjadi bentuk dukungan nyata perwujudan visi pembangunan Sulut dan pencapaian Nawa Cita.

Editor: M. Syahran W. Lubis

Berita Terkini Lainnya

Berita Populer