PLN Jamin Distribusi Listrik 3 Provinsi di Sulawesi selama Ramadan

Oleh: Amri Nur Rahmat 16 Mei 2018 | 15:45 WIB
PLN Jamin Distribusi Listrik 3 Provinsi di Sulawesi selama Ramadan
Teknisi melakukan perawatan rutin perbaikan jaringan listrik di Makassar, Sulawesi Selatan/JIBI-Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, MAKASSAR - PLN Wilayah Sulselrabar menjamin distribusi energi listrik pada Ramadan hingga Lebaran nanti tetap terjaga meski terjadi lonjakan pemakaian terutama saat malam hari.

GM PLN Wilayah Sulselrabar Bambang Yusuf mengemukakan perseroan juga siap mengerahkan genset mobile untuk menyuplai kebutuhan listrik sarana ibadah jika pasokan energi terputus karena permasalahan teknis maupun non teknis.

Hal tersebut dimaksudkan sebagai upaya PLN untuk mendukung kenyamanan masyarakat terkhusus umat muslim dalam beribadah sepanjang Ramadan, di mana sebagian besar konsumsi listrik terkonsentrasi saat malam dan dinihari.

Sekedar diketahui, PLN Wilayah Sulselrabar memiliki cakupan operasional meliputi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat.

"Kami juga melakukan beberapa langkah antisipasi, seperti pemeriksaan instalasi listrik, jaringan distibusi dan lainnya untuk memastikan distribusi listrik tetap terjaga optimal. Seluruh unit kerja sudah diinstruksikan agar melakukan pengecekan instalasi pada masjid-masjid di wilayah cakupan," katanya, Rabu (16/5/2018).

Menurut dia, potensi gangguan distribusi listrik dinilai sangat memungkinkan terjadi baik secara teknis maupun non teknis yang tidak bisa dipreduksi, sehingga pihaknya akan mengintesifkan pemantauan dan pengecekan instalasi.

Adapun kapasitas daya terpasang atau daya mampu yang dimiliki PLN Sulselbar saat ini sebesar 1.500 MegaWatt (MW) dengan beban puncak mencapai 1.100 MW, dengan kata lain kondisi kelistrikan berada dalam level surplus.

Bambang mengemukakan besaran beban puncak diproyeksikan bakal bergerak naik dengan kecenderungan melonjak namun tidak dalam level yang signifikan.

Di sisi lain, terdapat beberapa masjid yang berada dalam cakupan layanan PLN Wilayah Sulselrabar yang menjadi prioritas perihal jaminan pasokan distribusi listrik.

Bahkan masjid-masjid tersebut menjadi titik awal implementasi gerakan “Peduli Instalasi Listrik Masjid” dalam rangka jaminan keamanan distribusi listrik.

Adapun masjid tersebut diantaranya Masjid Raya Makassar, Masjid Al Markaz Makassar, Masjid Agung Pangkep, Masjid Al Markaz Al Ma’Arif Watampone dan Masjid Al – Jaariyah Kendari.

Editor: Rustam Agus

Berita Terkini Lainnya