Enam Tahun Pimpin Gorontalo, Ini Surat Terbuka Rusli Habibie

Oleh: Lukas Hendra TM 14 Mei 2018 | 23:46 WIB
Enam Tahun Pimpin Gorontalo, Ini Surat Terbuka Rusli Habibie
Gubernur Gorontalo Rusli Habibie (kiri) bersama dengan Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim (kanan). Rusli mengungkapkan produksi jagung Gorontalo pada 2017 merupakan angka produksi tertinggi sejak provinsi tersebut berdiri 17 tahun silam./Humas Pemprov Gorontalo

Bisnis.com, MANADO – Gubernur Gorontalo Rusli Habibie menyoroti capaian produksi jagung dalam surat terbuka yang menjadi pertanda momentum 1 tahun kepemimpinannya bersama dengan Wakil Gubernur Idris Rahim pada periode kedua mereka.

Pada Sabtu (12/5/2018), merupakan momentum 1 tahun kepemimpinan Gubernur Gorontalo Rusli Habibie dan Wakil Gubernur Idris Rahim atau enam tahun kepemimpinan keduanya pada periode kedua mereka.

Momentum itu digunakan oleh Gubernur Rusli untuk menulis surat terbuka.  Berikut surat terbuka Gubernur Gorontalo, dikutip dari laman resmi Pemprov Gorontalo, Senin (14/5/2018):

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh¸ syalom, om swastiastu, salam kebajikan.

Pertama dan utama, saya ingin memanjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan yang Maha Esa, atas nikmat dan karunia-Nya yang terus diberikan kepada kita hingga saat ini. Salawat dan salam kepada junjungan baginda Nabi Besar Muhammad sallahu alaihi wasallam yang telah mengeluarkan kita dari dunia jahiliyah menuju ke dunia yang penuh ilmu pengetahuan seperti sekarang ini.

Ibu, bapak, saudara, saudari warga Gorontalo yang saya cintai

Di enam tahun kepemimpinan saya selaku Gubernur Gorontalo dan bapak Dr. Drs. H. Idris Rahim, MM selaku Wakil Gubernur Gorontalo, tepatnya tanggal 12 Mei 2018, Izinkan saya menulis surat terbuka ini sebagai ucapan syukur kepada Allah SWT dan terima kasih kepada seluruh masyarakat Gorontalo.

Ucapan terima kasih kepada para petani, nelayan dan peternak Gorontalo yang dengan gigih bekerja di bidangnya masing masing. Pekerjaan yang tidak saja untuk menafkahi keluarga, tapi juga sangat berkontribusi untuk pembangunan. Terima kasih atas 1,5 Juta Ton produksi jagung Gorontalo tahun 2017, angka produksi tertinggi sejak Provinsi Gorontalo berdiri 17 tahun silam.

Terima kasih untuk guru-guru di semua tingkatkan pendidikan baik formal dan non formal serta para dosen perguruan tinggi dan pegiat dunia pendidikan yang sudah berkontribusi untuk peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Gorontalo sebesar 66.29% tahun 2017.

Terima kasih untuk para bidan desa, perawat, para dokter umum, dokter spesialis dan tenaga kesehatan lainnya yang sudah bekerja sungguh-sungguh untuk melayani dan menghadirkan pelayanan kesehatan yang prima di Provinsi Gorontalo. Selain capaian Total Helath Coverage yang tinggi, berbagai masalah kesehatan sudah kita tekan salah satunya angka balita gizi buruk yang turun dari 4,56% menjadi 4,4% di tahun 2017.

Terima kasih untuk para pelaku usaha kecil, menengah, koperasi, industri, penyedia dan pelaku jasa di berbagai bidang, kaum buruh, pedagang kaki lima, warung, toko, pedang di pasar, pedagang skala besar, kontraktor, investor, dan semua pihak yang sudah berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi daerah sebesar 64,7% tahun 2017.

Terima kasih untuk seluruh kepala daerah dan Aparatur Sipil Negara mula dari tingkat RT/RW, dusun, desa, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi dan instansi vertikal serta kementrian/lembaga yang selama ini tanpa kenal lelah melayani dan menjalankan program pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan di wilayahnya masing-masing. Setiap tetes keringat yang saudara keluarkan dalam melayani masyarakat sangat kami apresiasi guna mewujudkan pemerintahan yang lebih melayani di Provinsi Gorontalo.

Terima kasih yang tinggi kepada para pejuang pembentukan Provinsi Gorontalo yang tidak bisa saya sebut satu persatu. Perjuangan untuk menjadikan Gorontalo sebagai daerah otonom yang mandiri, 17 tahun silam. Terima kasih pula kepada semua elemen masyarakat, aktivis, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), mahasiswa, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda, tokoh perempuan, tokoh politik, tokoh masyarakat, olahragawan, seniman serta insan pers yang selama ini banyak memberikan kontribusi pikiran, waktu, tenaga serta karya untuk Gorontalo yang lebih baik.

Terima kasih untuk para anggota DPR RI Dapil Gorontalo, anggota DPD RI, DPRD Kabupaten/Kota, terutama anggota DPRD Provinsi Gorontalo yang telah banyak membantu pemerintah provinsi dalam hal pengalokasian anggaran, legislasi, dan pengawasan terhadap kerja-kerja pemerintahan. Sebagai wakil rakyat, saya menyadari kontribusi anda sangat penting guna mewujudkan Gorontalo yang sejahtera.

Terima kasih yang mendalam juga untuk anggota Polri, TNI, kejaksaan, pengadilan serta jajaran Kanwil Hukum dan Ham yang selama ini sudah bekerja melayani dan mengayomi masyarakat, menjaga perdamaian dan keutuhan NKRI, menegakkan hukum serta memberi rasa aman dan nyaman bagi seluruh masyarakat di Gorontalo.

Ibu, bapak, saudara, saudari masyarakat Gorontalo yang saya cintai

Saya menyadari, apa yang telah kita capai bersama-sama ini belum semua bisa dirasakan oleh 1,2 Juta Jiwa masyarakat Provinsi Gorontalo, dari Pinogu sampai Popayato Barat, dari Taludaa hingga Atinggola.

Ada banyak hambatan dan tantangan yang kami hadapi. Yakin dan percaya bahwa kami telah, sedang dan akan terus bekerja untuk menuntaskan visi “Mewujudkan Masyarakat Gorontalo yang Unggul, Maju dan Sejahtera” sesuai dengan cita-cita kita bersama.

Visi hingga tahun 2022 tersebut dijabarkan ke dalam delapan program prioritas daerah yakni pendidikan gratis, kesehatan gratis, pembangunan infrastruktur, ekonomi kerakyatan, agama dan budaya lebih semarak, pemerintahan lebih melayani, parwisata lebih mendunia serta lingkungan yang lebih lestari.

Pencapaian visi dan program unggulan itu tentu saja tidak lepas dari dukungan dan partisipasi kita semua. Butuh kontribusi bapak ibu sekalian dari beragama profesi, agama, ekonomi, politik, sosial dan budaya. Setiap peran dan usaha sekecil apapun akan sangat berarti untuk Provinsi Gorontalo ke depan.

Dengan penuh kerendahan hati, saya mengajak kita semua untuk bergandengan tangan, bahu membahu bekerja dan berkarya membangun Provinsi Gorontalo yang kita cintai ini.

Semoga Allah SWT memberkahi ikhtiar baik kita semua, memberkahi Gorontalo.

Terima kasih!

Gorontalo, 13 Mei 2018

Gubernur Gorontalo,

Drs. Hi. Rusli Habibie, M.AP

 

Editor: Martin Sihombing

Berita Terkini Lainnya