Gubernur Sulut Minta Masyarakat Tidak Sebarkan Gambar dan Video Korban Bom

Oleh: Kurniawan A. Wicaksono 14 Mei 2018 | 15:35 WIB
Gubernur Sulut Minta Masyarakat Tidak Sebarkan Gambar dan Video Korban Bom
Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey./Bisnis-Kurniawan A. Wicaksono

Bisnis.com, MANADO – Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey meminta agar masyarakat di Bumi Nyiur Melambai tidak turut menyebarkan gambar atau video korban kejadian peledakan bom di Surabaya.

Olly mengimbau agar masyarakat Sulawesi Utara tetap waspada dan meningkatkan keamanan lingkungan. Hal ini untuk mencegah terjadinya aksi teror di wilayah ini. Apalagi, Sulut terkenal paling toleran di Tanah Air.

“Jangan sampai kita terperangkap tujuan teroris, jangan sebarkan gambar dan video korban bom di media sosial, sebab tujuan para teroris adalah untuk membuat kita ketakutan semua,” ujarnya, dikutip Senin (14/5/2018).

Seperti diketahui, berdasarkan Indeks Kota Toleran (IKT) 2017 yang dirilis Setara Institute dan Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP), Manado mendapat indeks tertinggi dari 94 kota di Tanah Air, dengan skor 5,90.

Olly mengutuk keras kejadian peledakan bom di Surabaya dan menegaskan bahwa teroris merupakan musuh semua elemen masyarakat. Pihaknya optimistis aparat kepolisian mampu mengusut tuntas dalang dari semua kejadian tersebut.

“Teroris adalah musuh kita bersama dan musuh semua umat beragama. Tiada satu ajaran agama apapun yang membenarkan tindakan kekerasan,” imbuhnya.

Wakil Gubernur Sulut Steven O.E. Kandouw meminta agar masyarakat tidak mudah terprovokasi pihak lain yang ingin mengganggu kerukunan yang terjalin erat hingga saat ini. Masyarakat Sulut, lanjut dia, harus tetap solid, kompak, dan tidak mudah terprovokasi.

“Tetap pertahankan Sulut sebagai provinsi paling toleran dan tingginya toleransi di Sulut menjadi inspirasi buat Republik ini,” kata Olly.

Editor: Saeno

Berita Terkini Lainnya