Lowongan Kerja: Ada 4.000 Formasi di Makassar, Dafarkan di Link Ini

Oleh: Amri Nur Rahmat 07 Mei 2018 | 17:27 WIB

Bisnis.com, MAKASSAR - Pemerintah Kota Makassar menggandeng 65 perusahaan memberikan fasilitasi bagi angkatan kerja yang belum memiliki pekerjaan di kota tersebut.

Plt Wali Kota Makassar Syamsu Rizal mengemukakan sinergitas dengan perusahaan itu diimplementasikan melalui penyelenggaraan Job Fair Makassar 2018 selama 7—8 Mei dengan menyediakan sekitar 4.000 kesempatan kerja.

Dia berharap, upaya tersebut bisa memangkas angka pengguran di Makassar sekaligus mengoptimalkan seluruh SDM yang saat ini belum memiliki pekerjaan sesuai dengan kualifikasi.

"Saya harap 4.000 kesempatan kerja yang terbuka melalui job fair ini bisa terisi secara keseluruhan. Karena tentu saja rangkaian seleksi itu kewenangan sepenuhnya dari pihak perusahaan," katanya di sela-sela Job Fair Makassar 2018 hari ini Senin (7/5/2018).

Sebagai informasi, job fair secara rutin dilaksanakan Pemkot Makassar melalui Disnaker Kota Makassar yang berorientasi memfasilitasi angkatan kerja serta memungkinkan perusahaan yang beroperasi merekrut SDM potensial lokal.

Proses pendaftaran lamaran untuk 4.000 posisi tersebut dapat dilakukan secara online melalui link http://e-bursakerja.kemnaker.go.id. Ada pun, proses pendafarannya sebagai berikut:

- Klik pada PENDAFTARAN JOB FAIR

- Isikan NIK lalu klik CEK KTP

- Buat username dan password yang mudah diingat

- Masukkan Nomor HP dan alamat email

- Pilih tingkat pendidikan

- Jurusan

- Instansi Pendidikan

- IPK/Nilai

- *JANGAN LUPA PILIH LOKASI JOB FAIR KOTA MAKASSAR

- Pilih TK penyandang disabilitas atau tidak

- Klik Kirim

Tekan Angka Pengangguran

Untuk skala lebih luas, job fair juga menjadi rangkaian dari upaya pemerintah kota memangkas angka pengangguran terbuka mencapai di kisaran 70.000 orang.

Selain job fair, Pemkot Makassar juga secara berkelanjutan memberikan fasilitasi bagi angkatan kerja berupa pelatihan berbasis industri kreatif untuk mendiptakan lapangan kerja.

Sementara itu, Sekretaris Disnaker Makassar Imran Mansyur menjelaskan fasilitasi melalui job fair dimaksdukan agar SDM dengan kualifikasi tertentu bisa terserap pada perusahaan yang membutuhkan.

"Apalagi yang terlibat dalam job fair ini, mulai dari perusahaan lokal hingga multinasional. Seluruh jenjang juga terbuka, lulusan SMA juga tersedia kesempatan kerja, dan tentu saja untuk kualifikasi diploma dan sarjana," jelasnya.

Editor: Sutarno

Berita Terkini Lainnya