MNC Sekuritas: Galeri Investasi PKK Bitung Diharap Dongkrak Minat Investasi Perempuan

Oleh: Kurniawan A. Wicaksono 25 April 2018 | 19:36 WIB
MNC Sekuritas: Galeri Investasi PKK Bitung Diharap Dongkrak Minat Investasi Perempuan
Direktur Utama MNC Sekuritas Susy Meilina saat memberikan sambutan dalam peresmian Galeri Investasi BEI Kecamatan Maesa Kota Bitung dan Galeri Investasi BEI Tim Penggerak PKK Kota Bitung, Rabu (25/4/2018)./ Bisnis-Kurniawan A. Wicaksono

Bisnis.com, BITUNG – Direktur Utama MNC Sekuritas Susy Meilina mengungkapkan adanya GI BEI Kecamatan Maesa dan GI BEI Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Bitung diharapkan mampu meningkatkan minat investasi perempuan.

Pasalnya, minat berinvestasi di pasar modal bagi para perempuan masih lebih rendah dibandingkan dengan pria. Menurut data PT Kustodian Sentral Efek Indonesia per 16 April 2018, porsi investor pria sekitar 59,48%. Sisanya, yakni sekitar 40,52% merupakan investor perempuan.

"Padahal, perempuam punya peranan yang penting dalam membentuk budaya investasi dalam sebuah keluarga. Seorang istri berperan sebagai ’menteri keuangan' yang mengatur pos-pos pemasukan dan pengeluaran," katanya, Rabu (25/4/2018).

Kendati masih di bawah porsi investor pria, selama 4 tahun terakhir, tingkat pertumbuhan investor wanita ternyata jauh lebih tinggi dibandingkan investor pria, yaitu 965% dibandingkan 710%.

Seperti diketahui, PT MNC Sekuritas bersama Bursa Efek Indonesia (BEI) meresmikan Galeri Investasi (GI) BEI Kecamatan Maesa, Bitung dan GEI BEI Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Bitung.

”Kami berharap dengan peresmian ini, kami dapat berkontribusi dalam memberikan edukasi kepada para perempuan, terutama melalui level masyarakat terkecil, seperti kecamatan dan PKK,” imbuhnya.

Susy juga berharap agar peresmian dan edukasi pasar modal akan membuat para ibu bisa mengajarkan kedisiplinan dalam mengelola finansial pada anak sejak kecil, seperti cara anak menggunakan uang jajannya.

Dengan peresmian kedua GI BEI ini, MNC Sekuritas telah meresmikan 12 Galeri lnvestasi sejak awal 2018. Perbedaannya dengan tahun lalu, saat ini MNC Sekuritas mulai merambah ke grassroot.

“Selain di institusi pendidikan, kami masuk ke Dana Pensiun, Kecamatan, dan PKK,” imbuhnya.

 

Editor: Martin Sihombing

Berita Terkini Lainnya