Pj Gubernur Sulsel Soni Sumarsono Fokus Jaga Stabilitas Enam Bulan Mendatang

Oleh: Newswire 09 April 2018 | 13:52 WIB
Pj Gubernur Sulsel Soni Sumarsono Fokus Jaga Stabilitas Enam Bulan Mendatang
Soni Sumarsono.

Bisnis.com, MAKASSAR - Stabilitas keamanan dan perekonomian menjadi titik perhatian Pejabat Gubernur Sulawesi Selatan Soni Sumarsono dalam periode kepemimpinan pada provinsi utama di wilayah timur tersebut.

Menurut pria yang menjabat sebagai Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri itu, perhelatan pilkada serentak dari level kabupaten/kota hinga provinsi menjadi tantangan dalam mempertahankan stabilitas kemanan dan perekonomian di Sulsel.

"Konsolidasi, koordinasi dan integritas lintas instansi lingkup forkopimda hingga stakholder jadi langkah awal saya. Bagaimana agar stabilitas keamanan terjaga, perekonomian dan pembangunan jalan terus," kata Soni usai pengukuhan sebagai Pj. Gubernur Sulsel di Makassar, Senin (9/4/2018).

Secara spesifik, posisinya sebagai pejabat gubernur bakal dioptimalkan agar netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dalan perhelatan pilkada serentak tetap konsisten dan tidak terafiliasi dengan pasangan calon manapun.

Menurut dia, netralitas ASN menjadi pula titik penting dalam upaya menjaga stabilitas keamanan maupun konektivitas Sulsel sehingga seluruh aspek terkait tidak berimplikasi negatif.

Konsistensi netralitas ASN dinilai bisa ikut menjaga kualitas demokrasi hingga pelaksanaan urusan administrasi serta layanan publik tetap berada pada level optimal.

Kemudian dari sisi perekonomian dan pembangunan, papar Soni, dirinya terlebih dahulu bakal memetakan seluruh program terkait dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemprov Sulsel.

Dari hasil tersebut, selanjutnya akan dilakukan serangkaian langkah strategis agar seluruh pencapaian maupun momentum akselerasi bisa terjaga dan berjalan secara berkelanjutan.

"Orientasinya melanjutkan pencapaian Gubernur Syahrul Yasin Limpo. Mudah-mudahan saya bisa menjaga momentum keberhasilan beliau, konsolidasi dengan OPD kami lakukan untuk memotret hal apa saja yang menjadi prioritas," ujar Soni.

Sebagai informasi, Soni bakal mengisi kekosongan pucuk pimpinan Pemprov Sulsel dengan durasi 6 bulan ke depan atau hingga terpilihnya Gubernur Sulsel defenitif hasil Pilgub 2018.

Pengangkatan Soni sendiri melalui Keppres No.43/B/2018 dan menjadi kali ketiga menjadi Pejabat Gubernur setelah sebelumnya pernah menjabat sebagai Pj Gubernur Sulut dan Pj Gubernur DKI Jakarta.

Dalam kesempatan sama, Mendagri Tajhjo Kumolo mengingatkan Soni agar lebih aktif membangun komunikasi koordinasi dengan seluruh unsur dari Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sulsel, partai politik, tokoh masyrakat hingga perguruan tinggi di daerah tersebut.

Hal tersebut dimaksudkan agar pelaksanaan rangkaian pilkada serentak mampu berjalan sukses serta paralel dengan pembangunan berbagai bidang yang telah mencapai titik akselerasi pada periode kepimpinan Syahrul Yasin Limpo.

"Teruskan apa yang dicapai Syahrul Yasin Limpo, kemudian memangkas ketimpangan sosial, menjaga level kesehatan, infrastruktur sosial dan publik di Sulsel hingga stabilitas keamanan," katanya.

Sementara itu, Syahrul Yasin Limpo menyebut seluruh pencapaian dalam periode kepemimpinannya mulai dari 2008-2013 serta 2013-2018 adalah hasil kerja sama seluruh unsur pemerintahan dan stakeholder.

"Dalam satu dasawarsa terakhir, kami selalu memposisikan Sulsel sebagai pilarnya Indonesia. Stabilitas keamanan dan ekonomi kuncinya, apalagi Sulsel ini daerah yang dinamis sejak dulu. Dan kami telah menggenapkan pengabdian kami selama 10 tahun untuk seluruh pencapaian itu," katanya.

Adapun Syahrul dalam masa kepemimpinannya selama dua periode selalu didampingi oleh Agus Arifin Nu'mang sebagai Wakil Gubernur, yang mana pada tahun ini ikut sebagai kontestan Pilgub Sulsel 2018.

Syahrul sendiri secara kumulatif menduduki puncak pimpinan pemerintah daerah di Sulsel hingga mencapai 25 tahun.

Secara terperinci, Syahrul pernah menjabat sebagai Bupati Gowa, Sulsel, selama dua periode sebelum menduduki posisi sebagai Wakil Gubernur Sulsel periode 2003-2008. Pada 2008 terpilih untuk pertama kalinya sebagai Gubernur Sulsel hingga terpilih kembali pada 2013 lalu menuntaskannya pada tahun ini.

Sumber : Antara

Editor: Miftahul Ulum

Berita Terkini Lainnya

Berita Populer