Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bulog Manado Paparkan Ketersediaan Beras dan Gula

Stok beras Perum Bulog Divre Sulawesi Utara (Sulut) saat ini diperkirakan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat di daerah itu hingga September 2018.
Ilustrasi./Antara
Ilustrasi./Antara

Bisnis.com, MANADO—Stok beras Perum Bulog Divre Sulawesi Utara (Sulut) saat ini diperkirakan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat di daerah itu hingga September 2018.

"Masyarakat tidak perlu khawatir karena stok beras relatif aman," kata Kepala Perum Bulog Divre Sulut Eko Pranoto di Manado, Selasa (3/4/2018).

Dia mengatakan ketahanan stok beras Bulog hingga enam bulan ke depan, dan akan masuk lagi jika stok sudah mulai berkurang.

"Kami akan terus melakukan pemantauan. Jika stok mulai berkurang akan memasok dari Jawa atau Makassar yang merupakan sentra beras," jelasnya.

Ia menjelaskan beras yang ada saat ini cukup banyak dan mampu memenuhi kebutuhan beras masyarakat sejahtera (rastra), cadangan beras pemerintah (CBP) maupun operasi pasar.

Sulut dan Gorontalo bukan daerah sentra produksi beras, sehingga jika terjadi kekurangan harus dipasok dari luar Sulut. Kendala lainnya harga jual petani ke pasar masih jauh lebih tinggi dibandingkan harga pembelian pemerintah (HPP).

"Saat ini HPP sebesar Rp7.300 per kilogram, sedangkan harga di pasaran pada kisaran Rp10 ribu per kg," katanya.

Adapun dalam perkembangan lain, Bulog Divre Sulawesi Utara (Sulut) melaporkan bahwa stok gula pasir di daerah tersebut aman dan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat.

"Saat ini stok gula pasir di gudang Bulog sebanyak 400 ton dan dalam masih perjalanan 1.000 ton," kata Kepala Perum Bulog Divre Sulut Eko Pranoto di Manado, Selasa.

Dia mengatakan gula pasir Bulog sangat terbuka bagi masyarakat dan pedagang yang ingin membelinya. Masyarakat tidak perlu khawatir karena stok yang ada mampu memenuhi kebutuhan konsumen.

"Kami juga menjual di rumah pangan kita (RPK), pasar swalayan dan secara komersial, namun dengan harga yang sesuai harga eceran tertinggi (HET)," katanya.

Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Sulut Hanny Wajong mengatakan saat ini harga gula pasir di sentra perdagangan Kota Manado dan sekitarnya masih stabil.

"Harga gula pasir saat ini sebesar Rp12.500 per kilogram," kata Hanny.

Ia menjelaskan pihaknya akan terus bekerja sama dengan Perum Bulog sehingga sejumlah kebutuhan pokok tetap aman dan stabil.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper