Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ekspor Produk Olahan Kelapa Masih Diunggulkan

Kendati mengalami penurunan nilai ekspor pada Februari tahun ini, produk olahan hasil bumi Sulawesi Utara masih menjadi andalan.
Ilustrasi/JIBI
Ilustrasi/JIBI

Bisnis.com, MANADO – Kendati mengalami penurunan nilai ekspor pada Februari tahun ini, produk olahan hasil bumi Sulawesi Utara masih menjadi andalan.

Berdasarkan rilis resmi Badan Pusat Statistik (BPS) Sulawesi Utara (Sulut), komoditas ekspor unggulan masih tetap produk olahan kelapa seperti kopra dan minyak kelapa. Produk ini memiliki bahan baku mayoritas dari hasil perkebunan di Bumi Nyiur Melambai.

“Ekspor hasil industri ini akan memberi dampak ganda, disamping memberi nilai tambah ekonomi dan sektor industri, juga akan memberi dampak positif pada perkebunan kelapa di Sulut,” tulis BPS Sulut, seperti dikutip pada Kamis (15/2/2018).

Hal ini terlihat dari dominasi ekspor golongan lemak dan minyak hewani/ nabati yang mengambil porsi 69,64% dari keseluruhan ekspor. Namun demikian, BPS mengingatkan tantangan yang terjadi dalam perkebunan kelapa yakni jumlah lahan yang semakin kecil sebagai akibat alih fungsi lahan.

Selain golongan barang lemak dan minyak hewani/ nabati, empat terbesar setelahnya yakni ikan dan udang (6,90%), daging dan ikan olahan (5,06%), buah-buahan (3,99%), dan berbagai produk kimia (3,27%).

Seperti diketahui, nilai ekspor nonmigas pada Februari 2018 tercatat senilai US$75,52 juta, anjlok sekitar 33,57% dibandingkan posisi periode yang sama tahun lalu US$113,68 juta. Secara akumulatif dua bulan ini, nilai ekspor mencapai US$168,84 juta, atau terkontraksi 0,95% dibandingkan capaian periode yang sama tahun lalu senilai US$170,46 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper